Rabu, 15 Februari 2012

Butuh Dukungan Bukan Cibiran

Oleh: Maria Ulafa
Apa yang terlintas dalam benak kita ketika mendengar nama Kiat Esemka saat ini? Pastinya bangga dan berharap itu dapat ditindak lanjuti kedepannya. Kiat Esemka adalah nama yang dilekatkan pada sebuah mobil yang berhasil dirakit oleh pelajar SMK yang dimilki bangsa ini. Mereka berhasil mengukir prestasi yang membanggakan Prestasi seperti ini tentunya patut diberikan sebuah apresiasi yang tinggi serta dukungan yang lebih oleh pemerintah dan masyarakat luas. Agar anak-anak muda seperti ini kian bersemangat dan termotivasi dalam menorehkan prestasi-prestasi kedepannya.
Sikap Wali Kota Solo Jokowi yang ingin menggunakan mobil Kiat Esemka hasil karya anak-anak bangsa ini harus kita dukung. Jika perlu seluruh pejabat dianjurkan untuk menggunakan mobil tersebut. Terlepas dari apa yang menjadi latar belakang Jokowi sebagai seorang Wali Kota menggunakan mobil tersebut, yang jelas memang sebagai seorang pemimpin sudah sepatutnya mendukung setiap karya yang telah dihasilkan oleh putera-puteri bangsa, seperti mobil Kiat Esemka ini misalnya atau yang lainnya. Sehingga anak-anak muda saat ini dan masa depan akan lebih termotivasi untuk ikut berkarya sebagaimana pendahulu mereka.
Memang seiring dengan munculnya mobil Kiat Esemka, dan kemudian ditambah lagi dengan sikap Wali Kota Solo tersebut pada akhirnya menimbulkan banyak reaksi yang mengarah kepada pro dan kontra. Seperti sikap Gubernur jawa Tengah yang terlihat kurang begitu suka atas hal tersebut. Dengan nada cemburu sembari mencibir Wali Kota Solo ia berkarta bahwa “itu adalah bagian dari maneuver politik pak Jokowi dalam membangun citranya/ cari muka” (Joglosemar, Kamis, 5 Januari 2012).
Terlepas dari itu semua, yang perlu kita garis bawahi dan ditekankan adalah bahwa ini adalah prestasi putera-puteri bangsa yang patut untuk didukung dan banggakan bukan malah melemparinya dengan cibiran-cibiran yang sebenarnya tidak mendasar apalgi dalam kapasitasnya sebagai seorang pemimpin bagi masyarakatnya.
Penulis adalah Mahasiswi Fakultas Agama Islam Jurusan Syari,ah UMS

0 komentar:

Posting Komentar