Rabu, 15 Februari 2012

Bangsa Kita Mampu Bersaing

Oleh: Agus Mulyadi
Mobil Kiat Esemka karya anak negeri yang terakhir banyak dibicarakan memang patut untuk dibanggakan. Banyak kalangan menganggap itu sebagai awal kebangkitan otomotif dalam negeri. Walau ada juga yang mencibir, namun tidak terlalu signifikan. Dan yang lebih penting adalah prestasi ini sangat menjanjikan dan menandakan bahwa bangsa kita tercinta ini juga mampu bersaing dengan Negara-negara luar yang notabene sudah jauh berkembang. Maka dari itu sudah selayaknya karya anak negeri ini kita dukung baik materi maupun non-materi.
Harapan kedepan tentunya karya tersebut dapat difollow up-i, oleh pemerintah, dengan berbagai program pendampingan dan pengembangannya. Karena dengan karya-karya semacam inilah bangsa kita dapat memulai hidup mandiri tanpa adanya ketergantungan yang mencolok dari Negara luar. Sebagai contoh misalnya bangsa China dengan semangat nasionalismenya yang tinggi terhadap karya-karya putera bangsa pada akhirnya mampu bersaing dengan bangsa luar dan bahkan sekarang menjadi salah satu pusat perhatian dunia dengan perkembangan dibidang ekonominya yang terbilang sangat pesat.
Selain china ada lagi bangsa Asia India yang kini juga mulai mengalami kemajuan yang cukup besar dengan produk otomatifnya. Dan tentunya masih banyak lagi bangsa-bangsa lain yang patut kita contoh. Memang dukungan pemerintahlah yang akan menentukan gerak maju suatu bangsa dalam segala bidang. Yang tentunya dukungan masyarakat juga sangat penting sehingga terjadi dinamika dan sinergisme yang baik antara masyarakat dengan pemerintah dalam berkarya.
Dengan semakin menjamurnya karya putera-puteri bangsa menjadi sinyalmen tersendiri sekaligus bukti bahwa bangsa kita adalah bangsa yang siap dan mampu hidup mandiri tanpa campur tangan bangsa lain.
Penulis teringat dengan kata-kata Presiden Amerika Barack Obama yang mengatakan “Yes, We can” yang dalam versi Indonesianya kurang lebih adalah “ya, bersama kita bisa” dalam setiap kampanyenya. Kata-kata itu penuh dengan motivasi yang memberikan semangat baru dan harapan baru bagi warga Amerika saat itu. Apa yang dapat kita pelajari dari pesan tersebut jika dibenturkan dengan kemunculan Mobil Kiat Esemka rakitan anak negeri ini?
Pertama, kita patut berbangga dengan prestasi anak-anak muda yang berhasil menciptakan sebuah mobil dengan segala komponen yang hampir keseluruhannya adalah buatan lokal. Dikatakan dalam Joglosemar edisi senin, 9 Januari 2012 bahwa mulai dari desain Bodi hingga komponen mesin mobil Kiat Esemka ini hampir 80% buah tangan dan kreasi pelajar SMK.
Kedua, ini sebagai sebuah pertanda sekaligus motivasi bagi kita semua bahwa sesungguhnya bangsa ini bisa dan mampu bersaing dengan bangsa luar. Terbukti dengan kemunculan mobil Kiat Esemka ini. Dan yang lebih penting ternyata anak-anak/ pelajar SMK ini pada kenyataannya tidak hanya memproduksi mobil saja, mereka juga mulai  mengembangkan karyanya seperti laptop dan sepeda motor.
Ketiga, semua itu tidak akan pernah terwujud jika tidak ada dukungan dan kerjasama semua elemen bangsa, maka dari itu seperti kata Brack Obama diatas semua warga dan juga pemerintah harus bersama-sama mendukung karya tersebut dan dapat diakui oleh bangsa lain.
Penulis adalah mahasiswa Jurusan Tarbiyah/ FAI
Universitas Muhammadiyah Surakarta

0 komentar:

Posting Komentar